Tips Pemasaran Koperasi dan UKM di Tahun 2013


Salah satu masalah yang dihadapi Koperasi dan UKM saat ini adalah kendala pada akses pasar untuk menjual produk. Apalagi pada tahun 2013 sebagian besar konsumen saat ini menginginkan hal yang praktis maka Koperasi dan UKM harus lebih fokus dalam pemasaran online. Sekarang kita bisa mengakses pasar dengan mudah melalui berbagai teknologi baru seperti internet. Dengan internet kita bisa memasarkan barang yang kita hasilkan lebih mudah dan murah. Telah kita ketahui bahwa pemasaran online adalah salah satu cara yang cukup menjanjikan, karena sudah banyak orang yang menggunakan internet melalui komputer, laptop atau bahkan ponsel. Jadi pemasaran secara online yang paling efektif. Ini disebabkan internet dapat menampung produsen dan konsumen tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Dapat dipastikan bahwa pada 2013, konsumen akan semakin banyak mengakses dan menggunakan layanan online, baik pembelian maupun pembayaran melalui smartphone atau ponsel mereka. Memang ini sudah diprediksi sejak lama bahwa belanja online di ponsel meningkat, untuk itu para pelaku usaha perlu strategi baru dalam melakukan pemasaran produknya. Untuk itu, Anda sebagai pengusaha harus dapat memberikan solusi berbagai pelayan melalui ponsel, termasuk juga pembayaran untuk para pelanggan Anda. Dan hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana tampilan website di ponsel yang simpel dan menarik. Itu berarti Anda perlu menginvestasikan waktu dan usaha Anda untuk menciptakan kehadiran layanan ponsel yang menarik untuk bisnis Anda. Hal ini bisa dimulai dengan tools yang sederhana, seperti Facebook, Groupon, dan Foursquare, untuk dapat menarik orang untuk membeli produk Anda.
Selain itu para konsumen saat ini cukup jeli dan kritis, mereka sangat membutuhkan informasi yang detail mengenai barang yang dijual. Maka dari itu para produsen harus lebih memikirkan kualitas produk yang akan dijual karena jika tidak para konsumen akan mengkritik yang akhirnya dapat membawa efek negatif bagi usaha kita.
Tambah lagi nama baik perusahaan kita akan sangat dinilai oleh para konsumen, para pengusaha sebaiknya menjaga nama baik mereka. Strategi pemasaran akan lebih baik jika kita terapkan seperti memberi diskon, voucher belanja, dan promosi melalui berbagai media, baik media cetak, media elektronik maupun media online.
Menggunakan strategi penjualan dengan menggunakan konsumen dalam memasarkannya dan membebaskan mereka dalam memilih produk sesuai dengan selera salah satu cara yang cukup ampuh. Telah terbukti dengan tersebarnya produk kita melalui konsumen ke calon konsumen lainnya dengan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut akan lebih efektif karena biasanya calon konsumen akan lebih percaya dibandingkan dengan mereka hanya melihat dan tidak tahu informasi lebih detail.
Perbaikan dari berbagai aspek seperti strategi pemasaran, media pemasaran, cara promosi, dan perbaikan kualitas akan sangat berpengaruh kepada tingkat produksi. Para koperasi dan UKM kegiatannya akan semakin meningkat apabila permintaan bertambah dan lapangan pekerjaan akan bertambah serta kemiskinan akan berkurang. Oleh karena itu pemerintah serta para pengusaha sebaiknya bersinergi lebih baik, pemerintah memberikan jalan mudah dalam akses pasar ke luar negeri juga dalam negeri dan para pengusaha meningkatkan kualitas produksinya agar konsumen dalam negeri yang terbiasa belanja keluar negeri dapat beralih serta lebih mencintai produk dalam negeri. Agar tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang tinggi dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para Koperasi dan UKM.
Sumber :
  • http://blog.indotrading.com/inilah-tren-pemasaran-ukm-pada-2013/
  • http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS8Pb_QBvkfxDuwl-xzbGBCXFpi98BP8s6aoDgPMU0vOInSLyC_6AjKnvL0

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN (REUNI SMA)

CONDITIONAL SENTENCES

Adverbial Clauses