Tips Pemasaran Koperasi dan UKM di Tahun 2013
Dapat dipastikan bahwa pada 2013, konsumen akan semakin
banyak mengakses dan menggunakan layanan online, baik pembelian maupun
pembayaran melalui smartphone atau ponsel mereka. Memang ini sudah diprediksi
sejak lama bahwa belanja online di ponsel meningkat, untuk itu para pelaku
usaha perlu strategi baru dalam melakukan pemasaran produknya. Untuk itu, Anda
sebagai pengusaha harus dapat memberikan solusi berbagai pelayan melalui
ponsel, termasuk juga pembayaran untuk para pelanggan Anda. Dan hal lain yang
juga harus diperhatikan adalah bagaimana tampilan website di ponsel yang simpel
dan menarik. Itu berarti Anda perlu menginvestasikan waktu dan usaha Anda untuk
menciptakan kehadiran layanan ponsel yang menarik untuk bisnis Anda. Hal ini
bisa dimulai dengan tools yang sederhana, seperti Facebook, Groupon, dan
Foursquare, untuk dapat menarik orang untuk membeli produk Anda.
Selain itu para konsumen saat ini cukup jeli dan kritis,
mereka sangat membutuhkan informasi yang detail mengenai barang yang dijual. Maka
dari itu para produsen harus lebih memikirkan kualitas produk yang akan dijual karena
jika tidak para konsumen akan mengkritik yang akhirnya dapat membawa efek
negatif bagi usaha kita.
Tambah lagi nama baik perusahaan kita akan sangat dinilai oleh
para konsumen, para pengusaha sebaiknya menjaga nama baik mereka. Strategi pemasaran
akan lebih baik jika kita terapkan seperti memberi diskon, voucher belanja, dan
promosi melalui berbagai media, baik media cetak, media elektronik maupun media
online.
Menggunakan strategi penjualan dengan menggunakan konsumen
dalam memasarkannya dan membebaskan mereka dalam memilih produk sesuai dengan
selera salah satu cara yang cukup ampuh. Telah terbukti dengan tersebarnya
produk kita melalui konsumen ke calon konsumen lainnya dengan cara tradisional
yaitu dari mulut ke mulut akan lebih efektif karena biasanya calon konsumen
akan lebih percaya dibandingkan dengan mereka hanya melihat dan tidak tahu
informasi lebih detail.
Perbaikan dari berbagai aspek seperti strategi pemasaran,
media pemasaran, cara promosi, dan perbaikan kualitas akan sangat berpengaruh
kepada tingkat produksi. Para koperasi dan UKM kegiatannya akan semakin
meningkat apabila permintaan bertambah dan lapangan pekerjaan akan bertambah
serta kemiskinan akan berkurang. Oleh karena itu pemerintah serta para
pengusaha sebaiknya bersinergi lebih baik, pemerintah memberikan jalan mudah
dalam akses pasar ke luar negeri juga dalam negeri dan para pengusaha
meningkatkan kualitas produksinya agar konsumen dalam negeri yang terbiasa
belanja keluar negeri dapat beralih serta lebih mencintai produk dalam negeri. Agar
tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang tinggi dapat dimanfaatkan dengan
baik oleh para Koperasi dan UKM.
Sumber :- http://blog.indotrading.com/inilah-tren-pemasaran-ukm-pada-2013/
- http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS8Pb_QBvkfxDuwl-xzbGBCXFpi98BP8s6aoDgPMU0vOInSLyC_6AjKnvL0
Komentar
Posting Komentar