RENCANA METODE RISET


Bidang garapan:
Manajemen keuangan, Teori ekonomi makro, Harga saham perusahaan properti

Topik :
Sumber yang dijadikan landasan topik riset,

Berdasarkan jurnal dan tesis diatas, saya memutuskan akan mengambil topik penelitian tentang “Analisis faktor fundamental terhadap harga saham properti dan real estate yang mempengaruhi perekonomian masyarakat”.

Judul :
  1. ANALISIS PENGARUH FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA
  2. ANALISIS TEKNIKAL ATAS SAHAM PROPERTI DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA
  3. RESPONSIVITAS HARGA SAHAM PROPERTI TERHADAP EKONOMI MONETER INDONESIA
  4. PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP HARGA SAHAM PROPERTI

Latar belakang :
1.      Untuk melakukan investasi dalam bentuk saham diperlukan analisis untuk mengukur nilai saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Di samping analisis fundamental, investor harus memperhatikan risiko pasar saham dalam investasi saham. Risiko pasar berhubungan erat dengan perubahan harga saham jenis tertentu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh antisipasi investor terhadap perubahan tingkat kembalian yang diharapkan.
2.      Pergerakan harga-harga saham dipasar modal yang umumnya cenderung fluktuatif. Fluktuasi ini dapat dilihat dari proses naik-turunnya harga saham selama berlangsungnya transaksi perdagangan dibursa efek. Banyak faktor yang mempengaruhi pergerakan tersebut, dikarenakan faktor ekonomi dan non-ekonomi.

Masalah :
Saat ini di Indonesia sedang gencar dilaksanakan pembangunan dibidang properti dan real estate. Pembangunan perumahan-perumahan elit dan pembuatan lahan pemakaman didaerah pinggiran ibu kota, promosinya di berbagai media, dan saham perusahaan properti yang cukup banyak di Bursa Efek Indonesia. Beberapa hal diatas menarik minat saya untuk menganalisis pengaruh pembangunan terhadap perekonomian masyarakat, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga saham, dan dampak positif maupun negatif yang dihasilkan dari pembangunan serta harga saham terhadap perekonomian masyarakat.

Metode penelitian :
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008 dan data yang bersumber dari laporan statistik ekonomi dan keuangan indonesia (SEKI) yang dipublikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling.
Untuk penelitian 1 dan 2 :
Sampel  yang diambil adalah industri Properti dan Real Estate (32 perusahaan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki Laporan Keuangan lengkap selama 5 tahun terakhir dari tahun 2007-2012. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 17. Variabel yang digunakan terdiri dari Variabel terikat dan Variabel tak terikat, dimana Variabel terikatnya adalah Harga Saham dan variabel tak terikatnya adalah EPS, BVS, ROA, PBV, DPR, DER, Beta.
Untuk penelitian 3 dan 4 :

Pengolahan dan analisis data yang akan digunakan masih belum ditentukan.

Awal rencana pembuat Penelitian Ilmiah yang sedang dilakukan adalah seperti tulisan diatas ini.
Saat ini dalam rangka pembuatannya, sedikit mengalami perubahan. Mudah-mudahan judul ini dapat mengantarkan sebuah hasil yang memuaskan nantinya, penelitian yang sedang saya lakukan berjudul "Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham PT Agung Podomoro Land Tbk. Periode 2010-2013"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN (REUNI SMA)

CONDITIONAL SENTENCES

Adverbial Clauses