Analisis Lambang Koperasi

Pada tanggal 12 Juli 2012 diadakan suatu rapat untuk memperingati Hari Koperasi yang ke-65. Sebelumnya pada tanggal 23-25 Mei 2012 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah meluncurkan lambang baru Koperasi Indonesia dalam "International Year of Cooperatives" Indonesia di Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Perubahan lambang ini menandakan bahwa diadakannya perubahan besar-besaran terhadap landasan koperasi. Bisa jadi ini dikarenakan adanya suatu perubahan era yang saat ini masuk pada era globalisasi. Yang artinya para negara luar bisa bebas masuk dalam pasar Indonesia. Maka dari itu pemerintah ingin agar koperasi Indonesia bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi.

Lambang Baru Koperasi Indonesia



Penjelasan Gambar dan Warna:
1.     Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi;
2.     Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4(empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:
1.     Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
2.     Sebagai dasar perekonomian nasional yang bersifat kerakyatan;
3.     Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi;
4.     Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global
3.     Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan zaman yang mencerminkan pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik di dalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya;
4.     Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna Pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya;
5.     Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, cap/stempel, petaka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di seluruh Indonesia;
6.     Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi.

Gambar:
  • 4(empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia.


Lambang Lama Koperasi Indonesia



Lambang Koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut:
a.     Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh.
b.     Gigi Roda melambangkan usaha/karya yang terus menerus.
c.      Kapas dan Padi melambangkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh Koperasi.
d.     Timbangan melambangkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi.
e.      Bintang dalam perisai melambangkan Pancasila sebagai landasan ideal koperasi.
f.       Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.
g.     Tuliasan Koperasi Indonesia melambangkan kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
h.     Warna merah dan putih melambangkan sifat nasional Indonesia.

Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ Organisasi dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Bila kita perhatikan dengan seksama, pada lambang baru Koperasi Indonesia terlihat lebih modern dan sederhana. Dan jika kita telaah makna dari tiap unsur dalam lambang tersebut terlihat sekali perubahan yang sangat berbeda dengan lambang yang lama. Pada lambang lama unsur yang tertera adalah lambang dari setiap sila pancasila, hal ini berarti bahwa koperasi lama sangat memegang teguh ideologi Pancasila. Rasa pratiotisme dan nasionalismenya cukup tinggi. Sedangkan pada lambang baru setiap unsur yang ada bermakna tujuan bangsa untuk bisa memajukan Indonesia di era globalisasi ini, khususnya dibidang perekonomian dan menciptakan suasana yang lebih tenteram-damai, serta berkesan sangat modern dan elegan. Setiap lambangnya bermakna untuk kemajuan koperasi kedepannya agar bisa bersaing dengan pasar bebas di masa yang akan datang.
Sebenarnya kedua lambang koperasi ini, baik yang lama maupun yang baru mempunyai makna yang sama yaitu menginginkan kesejahteraan bangsa.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Logo

http://syadiashare.com/pengertian-sejarah-lambang-gerakan-koperasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN (REUNI SMA)

CONDITIONAL SENTENCES

Adverbial Clauses